FPI-Online.com -Jakarta,

Profil Habib M. Rizieq Syihab LC. Ma. Dpmss.

Al-Habib Muhammad Rizieq bin Husain Syihab, atau populer dengan sapaan Habib Rizieq, lahit pada 24 Agustus 1965 M/27 Rabiuts Tsani 1385 H di Jakarta. Sebagai tokoh Islam yang disegani, ia tidak dibesarkan dalam lingkungan pesantren. Meski demikian, semenjak usia dini, ghirah dan belajar ilmu agamanya sangat besar. Menginjak usia empat tahun, ia rajin mengaji di masjid-masjid.

Ayah Habib Rizieq, Habib Husein Syihab, adalah pejuang kemerdekaan. Tokoh yang dekat dengan ulama Betawi terkemuka seperti Habib Ali Alhabsyi dari Kwitang, Jakarta Pusat. ini menjadi pemimpin Pandu Arab Indonesia. Saat Belanda kembali ke negeri ini setelah proklamasi kemerdekaan RI, Husein Syihab waktu itu berusia 20 tahunan bekerja pada Rode Kruis (kini Palang Merah Indonesia) di bagian logistik.

Posisi ini dimanfaatkannya dengan memberikan suplai makanan dan pakaian untuk para pejuang yang bergerilya di daerah Jakarta dan sekitarnya. Karena pengkhianatan temannya, pria yang sering memakai jas dan dasi ini ditangkap oleh Belandadan divonis hukuman mati Tapi, Habib Husein Syihab berhasil kabur dari penjara dan melompat ke Kali Malang. Dia selamat, meskipun bagian pantatnya tertembak.

Habib Husein Syihab meninggal dunia saat Habib Rizieq Syihab berusia 1 1 bulan. Ibundanya, Sidah Alatas dengan bekerja sebagai penjahit pakaian serta perias pengantin mendidik dan membesarkan Habib Rizieq beserta 6 orang saudaranya.

Jenjang pendidikan formal Habib Rizieq dimulai di SDN 1 Petamburan (Jakarta). Ia sempat bersekolah SMP 40 Pejompongan (Jakarta) dan pindah ke SMP Kristen Bethel Petamburan yang jaraknya lebih dekat dari rumahnya. la mengenyam pendidikan SMA di SMAN 4, Gambir
(Jakarta) dan juga SMA Islamic Village, Tangerang.
Sebarkan Lewat:

Unknown

Tambahkan Komentar:

0 komentar, tambahkan komentar Anda