FPI-Online.Com - Bagi mayoritas masyarakat, sebungkus nasi mungkin tidak begitu berarti bagi mereka, terlebih bagi kalangan strata menengah ke atas. Akan tetapi bagi kalangan menengah ke bawah, hal tersebut justru bisa membawa kebahagiaan, bahkan rezeki yang ditunggu-tunggu.

Begitupula bagi mereka yang berhati dermawan, berbagi dengan sesama itu menjadi sebuah kebahagiaan lahiriyah dan bathiniah jika dilakukan dengan tulus dan ikhlas.

Hal ini yang terus dijadikan kegiatan rutin oleh Anggota Relawan Sedekah Lillah Fii Sabilillah (Selfi), bekerjasama dengan Front Pembela Islam (FPI) melalui Hilal Merah Indonesia (Hilmi) dan Mujahidah Pembela Islam (MPI) yang merupakan bagian dari organisasi tersebut.

Meskipun harus berjuang di bawah terik matahari atau bahkan hujan, tidak akan mengurangi semangat dalam niat untuk berbagi kebahagiaan kepada sesama, dalam wujud sebungkus nasi lengkap lauk pauk, yang diberinama SIJUMBER, alias Nasi Jumat Berkah.

Sesuai namanya, kegiatan bagi-bagi nasi secara gratis ini dilakukan setiap hari Jum’at pagi dan sore, di sekutar jalan kota Banjarmasin. Pembagian Nasi Gratis ini menyasar ke kalangan ekonomi bawah seperti tukang becak, ojek, petugas kebersihan, dan tukang parkir.

Kegiatan ini akan berlanjut disore hari dengan membuka "WARUNG SEDEKAH" yang bertempat di depan Mesjid Raya Sabilal Muhtadin, Banjarmasin.

Beragamnya tingkat ekonomi masyarakat Banjarmasin, membuat kegiatan-kegiatan semacam ini menjadi pilihan jitu dalam hal kegiatan amal, dan langsung dimonitori oleh ketua HILMI Kalsel, Ustadz Aywan Nazhan.

Dikatakan, kegiatan rutin mingguan ini telah berhasil memberi banyak manfaat bagi masyarakat khususnya di Kota Banjarmasin, dan diharapkan pula akan menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sosial masyarakat.

"Rasa kemanusiaan antar sesama harus selalu diasah karena di era globalisasi sekarang, potensi untuk menjadi individualisme sangatlah besar, maka perlu adanya gerakan yang menumbuhkan rasa humanisme seperti kegiatan Jum’at berkah ini" tuturnya.

Dalam hal pendanaan ungkapnya, kegiatan ini dibiayai sepenuhnya dari para donatur yang tergabung dalam Organisasi Relawan SELFI dan HILMI yang peduli dengan kalangan yang memang patut untut dibantu.

"Pengelolaan dana yang transparan membuat para donatur tidak kapok mendonasikan uangnya untuk kegiatan ini. Bahkan sekarang kegiatan ini sudah mempunyai donatur tetap yang selalu ber infaq disetiap minggunya", jelasnya.

Menurutnya, dengan keberagaman warga Negara Indonesia pada umumnya, dan warga Banjarmasin pada khususnya, jangan dijadikan penghalang untuk selalu berbagi kepada sesama.

Membentuk karakter pemuda generasi penerus bangsa adalah tugas yang sekarang kita emban, sebagai masyarakat Indonesia.

Memberi contoh dan teladan yang baik untuk generasi muda bisa menjadi langkah besar terwujudnya karakter bangsa yang kuat. Menghargai sesama dan menumbuhkan rasa empati merupakan salah satu kunci membangun bangsa. Mari kita wujudkan Indonesia yang ramah dan peduli sesama, pungkasnya.













Editor Naily & Ruli
Sumber : HILMI FPI Kalsel
Kontributor LIF
Sebarkan Lewat:

Tambahkan Komentar:

0 komentar, tambahkan komentar Anda