FPI Online  Samarinda, Cuaca Awal tahun melanda wilayah tanah air dan mengakibatkan beberapa daerah dintimpa musibah banjir dan longsor yang mengakibatkan kerugian materiil dan korban jiwa. (Rabu, 15/01/2020).

FPI nasional bergerak tanggap bencana ditiap daerah hal ini pula memicu FPI disejumlah daerah ada yang mengirim para laskar dan relawan turun langsung dilokasi bencana untuk memberikan bantuan bahan pangan, evakuasi korban dan sebagainya ataupun dalam bentuk penggalangan dana kemanusiaan pada daerah-daerah yang lebih. aman dan tidak mengalami bencana dan musibah.

Curah hujan yang cukup tinggi melanda ibukota Kalimantan Timur pada malam hari hingga menjelang pagi yang menyebabkan Bendungan BENANGA di Lempake kota Samarinda melebihi kapasitas debit air sehingga air meluap menggenangi daerah dengan dataran rendah seperti daerah perumahan Bengkuring daerah Sempaja dan daerah di Jl. Pemuda sekitarnya.

Pada hari pertama, Selasa 14 Januari 2020 Aksi Tanggap bencana pertama, DPD FPI Kaltim dan DPW Samarinda langsung turun memantau kelokasi dan membantu evakuasi.

Hunian warga dan pemukiman warga yang terendam luapan air, untuk itu FPI kaltim menyasar dilokasi pertama adalah Perum Bengkuring, Jl. Terong Pipit 2 & 4, sekitarnya, korban banjir ada sekitar 100 KK untuk itu Karena akses jalan tergenang dengan air para laskar turun ke lokasi untuk membagikan 150 paket nasi bungkus. Jumlah total korban banjir diarea tersebut diketahui berjumlah 1500 Jiwa.

Lokasi kedua yang disasar adalah wilayah pemuda, Jl. Kerukunan, Bantuan yang disalurkan untuk 14 KK, 48 Orang, sebanyak 45 paket nasi bungkus yang sudah 2 hari terendam banjir.

Banjir diakibatkan curah hujan yang tinggi hingga berjam-jam terjadi dibeberapa daerah Samarinda juga mengalami musibah longsor, hunian warga kantor-kantor pemerintah ikut terendam banjir.

DPD FPI Kaltim bersama DPW FPI Samarinda hingga malam harinya terus menyisir diperumahan warga yang terendam banjir untuk mendistribusikan bantuan berupa makanan, obat-obatan dan sebagainya yang sangat mendesak dibutuhkan warga.

DPD FPI kaltim telah membuka posko bantuan kemanusiaan disekitaran Skretariat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) FPI Samarinda Jl. Gerilya No. 1 Gang FPI untuk memfasilitasi bantuan dari warga masyarakat yang nantinya akan didistribusikan pada titik-titik daerah yang terkena dampak banjir.

Salurkan dan Donasikan bantuan anda melalui POSKO TANGGAP BENCANA DPW FPI SAMARINDA dan RELAWAN NASIONAL HILMI
Rekening Donasi Bank KaltimTara No Rek. 510 119 3002 a.n DPD FPI Kaltim.


MF Balikpapan
Sumber : Fajriannur
Penulis : Bagus Fajri
Kontributor LIF Kalimantan Timur
Sebarkan Lewat:

Tambahkan Komentar:

0 komentar, tambahkan komentar Anda