FPI Online - Samarinda, Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dasar mengenai tindakan dan pertolongan pertama terhadap bencana. (Sabtu 15 Februari 2020).

Ketua DPW FPI Samarinda berinisiatif untuk mengadakan pelatihan PPGD (Pertolongan Pertama Pada Gawat Darurat) Bantuan Hidup Dasar, bertempat di Markas Daerah FPI KALTIM Jl. Gerilya, Gang FPI, Kec. Sungai Pinang dalam kota Samarinda.

Tampil sebagai pemateri adalah Wakabid OKK Kaltim saudara Deni Zulfirman yang juga beliau expert dibidang pelatihan PPGD dan standard keselamatan K3.

Dihadiri oleh Ketua DPW Samarinda Haji Syamsir beserta anggota FPI Kaltim lainnya, peserta pelatihan nampak antusias menyimak dan mendengarkan materi yang disampaikan oleh Saudara Deni Zulfirman juga melalui dilayar proyektor.

Pengetahuan dan pembekalan serta. Pelatihan untuk anggota DPD FPI Kaltim khususnya DPW FPI Samarinda yang berkedudukan dikota Samarinda ini dimulai dari Pukul 20.00 Wita ba'da isya sampai Pukul 23.30 Wita.

Jalannya acara pelatihan ini sendiri berlangsung santai dan hangat disertai dengan praktek langsung dan disediakan alat peraga berupa dummy tubuh manusia.

Beberapa hal penting yang menjadi materi pelatihan ini adalah :
1. Standard keselamatan yang harus diperhatikan ketika akan mengambil tindakan kepada korban kecelakaan atau bencana alam.
2. Penanganan pertama pada korban kecelakaan kendaraan, bencana alam, atau orang tenggelam.
3. Cara dan langkah - langkah dalam memberikan bantuan pernafasan pada korban pingsan.
4. Prosedur ketika akan memindahkan tubuh korban, membalut luka, dan penanganan kepada korban patah tulang.

Hal ini sangat bermanfaat bagi anggota FPI yang sering turun kelokasi bencana maupun aksi sosial kemanusiaan lainnya.










MF Balikpapan
Sumber : Fajriannur

Kontributor LIF Kalimantan Timur (Bagus Fajri)
Sebarkan Lewat:

Tambahkan Komentar:

0 komentar, tambahkan komentar Anda