FPI Online - Toli-toli, Kebakaran ratusan rumah di kelurahan Sidoarjo kabupaten Tolitoli menyisakan kepedihan yang mendalam bagi pemilik 385 rumah. (Kamis, 19 Febuari 2020).

Kebakaran yang terjadi pada 2 Februari 2020 itu menelan korban 1 orang yang terpanggang hangus akibat kobaran api yang datang berkisar jam 22:00 malam.

Teriakan panik dan ketakutan melanda warga dengan berusaha menyelamatkan diri dari kobaran api dan sebagian berusaha memadamkan dengan air yang terbatas,api yang sudah terlanjur menjalar ke rumah warga seakan tak peduli dengan siraman air dari warga.

Pemadam kebakaran yang datang ke lokasi kebakaran tak bisa berbuat banyak dikarenakan lokasi kebakaran padat penduduk dan akses jalan yang sangat sempit dan tak dapat terjangkau mobil DAMKAR. Pasrah, mungkin itu yang kemudian menjadi keputusan akhir dari musibah tersebut, rumah dan harta penduduk ludes terbakar dan hanyalah tangisan pilu terdengar memecah kesunyian malam.

DPW FPI yang di pimpin oleh ustadz Andi Hamka tak berlama-lama dalam mengambil langkah.atas instruksi ketua DPD FPI Sulteng, ustadz Andi Hamka membangun posko kemanusiaan di lokasi. kebakaran dan langsung melakukan pendataan. Musywarah terus di bangun dan akhirnya melalui saran dan masukan DPD FPI Sulteng di putuskan mengambil langkah prioritas membangun rumah sementara bagi masyarakat yang rumah nya terbakar.

Kunjungan awal sekertaris daerah DPD FPI Sulteng telah bersepakat untuk membangun HUNTARA dengan penutup terpal, namun atas pertimbangan akhirnya bersama ketua DPD, SEKDA dan ketua DPW FPI Toli-Toli dan atas persetujuan ketua DPP Hilmi FPI akhirnya di ambil kesimpulan HUNTARA akan di bangun menggunakan kayu,atap seng dan dinding papan dan triplex.

Semangat HILMI FPI Toli Toli yang di suport penuh usk ustad Sugianto Kaimudin yang datang meninjau lokasi sekaligus membawa bantuan dan dana, kini 19 Febuari 2020 telah terbangun 11 buah rumah siap huni, 5 buah yang dalam penyelesaian dan 5 buah lagi baru berdiri rangka yang akan usai dalam beberapa hari kedepan. Sehinga dalam pekan ini total rumah yang di bangun oleh fpi-hilmi Tolitoli sebanyak 21 rumah.

Pagi tadi ada 31 kk warga yang mendatangi posko hilmi- FPI untuk meminta di bangunkan huntara juga ungkap ustad hamka  melaporkan. ini adalah sebuah bentuk kepedulian yang nyata ditengah masyarakat dalam mengemban amanah umat, harapan saya selaku ketua DPD FPI SULTENG agar DPW FPI TOLI-TOLI terus berbuat dengan keikhlasan dalam upaya mengurangi kesedihan dan kepedihan korban kebakaran ungkap ustadz Sugianto via telepon kepada ustadz Andi Hamka.

Sebagai bagian dari transparansi pengelolaan dana untuk kepentingan korban bencana kebakaran telah terkumpul dana sebesar Rp. 55.870.00 dengan rincian :

- Dari DPP HILMI FPI Rp. 2.000.000 untuk penyewaan mobil mengangkut bantuan dari DPP Hilmi FPI untuk toli2.
- Penggalangan dana dari DPP FPI Sulteng yang di kelola oleh Sekda ust. Mahmud Labudu sebesar Rp. 9.370.700 dengan rincian setor ke dpw FPI toli2 Rp. 5.000.000, operasional palu-toli Rp. 4.370.000.
- Penggalangan dana DPW Poso yg di kelola oleh ustadz Kasmuri selaku ketua DPW FPI Poso dan ketua DPD FPI Sulteng sebesar Rp. 44.000.000 dgn rincian Tahap 1 transver ke ketua DPW FPI toli2 Rp. 5.000.000 untuk operasional posko termaksud dapur umum.

Tahap ke 2 trasver ke ketua DPW FPI Toli-Toli Rp. 22.000.000 untuk pembangunan Huntara dan tahap ke 3 Rp. 17.000.000 yg langsung di setor kepada ketua DPW FPI Toli Toli oleh ketua DPD FPI Sulteng sekaligus meninjau lokasi kebakaran.

Untuk membangun Huntara kami membutuhkan dana untuk 1 hunian sebesar Rp. 3.500.000. Oleh karenanya kami berharap dukungan dan bantuan dari DPP Hilmi FPI untuk membantu menyelesaikan tahap pertama pembangunan Huntara sebanyak 48 hunian.








Sumber : DPD FPI Sulteng
Kontributor LIF Sulawesi Tengah
Sebarkan Lewat:

Tambahkan Komentar:

0 komentar, tambahkan komentar Anda