KRI Center adalah lembaga kajian independen yang bervisi menjadi media pendukung dan penyalur aspirasi rakyat secara aktif, bebas dan independen sebagai manifestasi kedaulatan rakyat melalui mekanisme active polling & research serta kegiatan advokasi dan consulting. 

Untuk kesekian kalinya, isyu kepulangan Habib Rizieq plus embel-embel untuk memimpin gerakan revolusi akhlak sempat menyentak masyarakat. Bahkan diklaim semua pesyaratan administrasi dan persoalan yang diributkan seperti membayar denda telah selesai. 

Tak sedikit yang mencibir bahkan menentang rencana kepulangan Habib Rizieq ini. Tapi, banyak pula yang bergembira dan menyambut positif ketika mendengar kabar tersebut. Lalu apa yang akan terjadi bila Habib Rizieq benar-benar pulang ke tanah air? Isyu ini cukup mendapatkan perhatian oleh banyak pihak, baik yang pro maupun kontra. 

KRI Center telah menyelenggarakan polling terkait Isyu Rencana Kepulangan Habib Rizieq pada tanggal 23 sd 25 Oktober 2020. Dengan polling ini, diharapkan muncul gambaran persepsi dan pandangan publik yang lebih terukur dan mempunyai dasar referensi ilmiah.


Tujuan UMUM Polling

Mendorong adanya kebebasan berpikir dan mengeluarkan pendapat/perasaan serta kebebasan pers yang dijamin oleh Undang-Undang Dasar 1945.

Mendorong minat, kepedulian dan partispasi rakyat terhadap soal-soal kebangsaan, sosial kemasyarakatan dan pemerintahan.

● Menjadi bagian dari proses pendidikan politik bagi rakyat agar rakyat memiliki sikap otonom dalam menyalurkan aspirasi politiknya.

● Mendorong tata nilai masyarakat dan norma bersama yang mengutamakan kehendak atau kepentingan bersama.


 Tujuan Khusus Polling

● Polling ini digunakan untuk menggambarkan kepercayaan, sikap dan perilaku masyarakat terhadap isyu yang muncul, yaitu pro-kontra rencana kepulangan Habib Rizieq ke tanah air. Dengan polling ini, kita akan mengetahui apa yang publik pikirkan, apa yang publik rasakan serta apa yang publik harapkan dari rencana kepulangan Habib Rizieq ke tanah air.

● Polling ini akan menggambarkan preferensi, intensitas terhadap pilihan pendapat serta indikator kecenderungan pandangan publik terhadap isyu pro-kontra rencana kepulangan Habib Rizieq ketanah air yang menjadi obyek polling ini.


Rangkuman

● Rencana kepulangan Habib Rizieq ke tanah air disambut dan direspon positif oleh mayoritas publik serta akan memberikan kontribusi positif bagi rakyat dan umami Islam Indonesia.

● Mayoritas publik menyatakan bahwa Pemerintah Republik Indonesia wajib melindungi hak Habib Rizieq selaku WNi dan wajib memfasilitasi dan mempermudah rencana kepulangannya untuk kembali ke tanah air. Hal ini sesuai dengan amanah Konstitusi dan Konvensi Internasional.

● Publik lebih mengharapkan Habib Rizieq untuk aktif di kegiatan gerakan oposisi secara moral kepada pemerintah dibandingkan kegiatan dakwah lewat pesantren dan kegiatan sosial kemasyarakatan sekembalinya ke tanah

air. 


Berikut Talkshow bersama KRI Center :

KRI Center: Masyarakat Menginginkan IB HRS Memimpin Gerakan Oposisi Secara Moral


Video youtube Fronttv





Sebarkan Lewat:

Tambahkan Komentar:

0 komentar, tambahkan komentar Anda